RISET dengan Google Keyword Planner (GKP)


RISET dengan Google Keyword Planner (GKP)

. Tujuan RISET dengan menggunakan Google Keyword Planner (GKP) adalah untuk mendapatkan informasi jumlah pencari kata kunci produk yang anda jual. Dengan mengetahui jumlah pencari produk yang anda jual, maka anda bisa melihat potensi penghasilan yang bisa anda dapatkan.
Tugas untuk anda :
~ Catat semua kata kunci yang anda peroleh dari hasil Riset GKP Langkah pertama dalam RISET ini adalah dengan mendaftar ke GKP, cara mendaftar ke GKP sebagai berikut :
Buka www.adwords.google.co.id/keywordplanner , maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

Klik tombol Masuk Ke Adwords sehingga muncul pengisian email gmail seperti pada gambar berikut :

Tuliskan Email Gmail dan Pasword anda kemudian klik Sign In. Maka bagi anda yang baru pertama kali menggunakan google keyword planner akan diminta mengisi pengaturan awal meliputi; Negara, Time Zone dan Currency. Isi Country / Negara dengan negara Indonesia, Time Zone dengan waktu Jakarta dan Currency dengan Rupiah.
Note : Informasi awal ini akan digunakan selamanya jadi lakukan dengan benar. Setelah yakin setingan sudah terisi dengan benar, klik tombol Save and Continue


Cara Riset Menggunakan GKP
Langkah ini merupakan lanjutan pada langkah sebelumnya. Mulailah dengan memilih menu Tools, lalu pilih sub menu “Keyword Planner”.


Setelah anda memilih sub menu Keyword Planner, maka akan dibawa kehalaman Riset berikut :


Terdapat 4 pilihan riset yang ditawarkan oleh google keyword planner, pada tahap awal pilihlah riset yang pertama yaitu : Search For new Keyword and ad group ideas. Maka akan terlihat kotak pengisian keyword seperti gambar dibawah ini :


Masukkan KATA KUNCI sesuai dengan produk anda pada kolom “Enter One or More of the Following”. Sebagai contoh saya mengetikkan keyword Baju Anak Muslim dan gamis anak karena saya menjual baju muslim anak.
Usahakan panjang keyword maka keyword turunan yang dihasilkan akan semakin sedikit.menulis kata kunci / keyword utama target yang terdiri dari 2 suku kata atau maksimal 3 suku kata. Semakin sedikit.
Ganti kotak Targeting : All Locations dengan Indonesia dan English dengan Indonesian. Kemudian klik Get Ideas untuk mendapatkan hasil.
Terlihat Jumlah Pencari Kata Kunci Utama dan Kata Kunci Turunan berikut :


Abaikan Ad group ideas karena itu untuk pemasang iklan, anda pilih saja Keyword Ideas dan lihat hasil keyword total berjumlah 252. Kemudian klik Download untuk menyimpan hasil riset di komputer dalam format excel. Maka akan muncul kotak dialog berikut:
Pilih file format Excel CSV kemudian klik tombol Download


Untuk menyimpan ke format excel. Klik tombol Save File, sehingga muncul kotak dialog berikut :

            
Pilih Save File kemudian klik tombol OK. Simpan pada folder khusus di komputer agar mudah untuk dicari. Hasil riset dengan google keyword planner sudah tersimpan di komputer anda dalam format excel, namun masih perlu diolah lebih lanjut.

                                                                                                                                 
RISET dengan Google Keyword Planner (GKP) RISET dengan Google Keyword Planner (GKP) Reviewed by Bagi Ilmu Blogger on 4:22:00 PM Rating: 5

No comments

Fashion