Riset Dengan Google.Co.Id

Riset Dengan Google.Co.Id (Google Indonesia)

Sebelum Membaca anda Siapkan Sebuah Buku Catatan Khusus Untuk Mencatat Setiap Intsruksi Yang Saya Berikan dan Pastikan Anda Sudah Terkoneksi Dengan Internet. Materi Dalam Tutorial  Ini saya akan menjelaskan Tips, Trik, dan Riset Online Shop Yang tertarjet Nampak Sederhana dan Simple, Namun Memiliki Manfaat Yang Besar Dalam Membangun Online Shop. Jadi.... Perhatikan dan Lakukan Setiap Langkah – langkahnya dengan Baik dan Benar. KeSUKSESan Anda Membangun Online Shop Tergantung Pada NIAT & ACTION yang Anda Lakukan. Semoga Tutorial kali ini Bermanfaat Untuk Anda.  Udah capek nih basa basinya silahkan anda ikuti langkah demi langkah Tutorial Kali ini “.
Cara RISET Pasar Yang TerSEGMEN & TerTARGET
Arti Penting RISET Bagi Online Shop

RISET merupakan INTI dari Online Shop, karena dengan melakukan Riset secara benar maka 75% kesuksesan telah kita dapatkan. Untuk itu mari kita lakukan RISET dengan benar sebelum memulai berjualan di Facebook. Riset yang akan kita lakukan adalah dengan menggunakan alat riset yang disediakan oleh Google. Kenapa Menggunakan Alat Riset Google? karena Google menguasai sekitar 80% pasar Search Engine dunia. Dalam sehari lebih dari 1 Milyar pencarian yang diketik orang di google dari seluruh dunia. Begitu kata pencarian diketikkan di google, maka secara otomatis robot google akan merekamnya. Data hasil rekaman tadi dijumlahkan tiap bulan dalam setahun berdasarkan nama keyword dan google membuat perhitungan rata-rata per bulan dalam setahun tersebut agar bisa digunakan untuk menganalisa keword / kata kunci oleh pemasar di internet. Apa Saja Alat Riset Yang Akan Kita Gunakan? Alat RISET yang akan kita gunakan adalah
1.       Google.Co.Id (Google Indonesia)
Riset menggunakan google.co.id ini adalah untuk mengetahui kata yang paling sering diketikkan di google indonesia dan besarnya tingkat persaingan.
2.      Google Keyword Planner (GKP)
Riset menggunakan google keyword planner adalah untuk mengetahui jumlah rata-rata pencari produk yang akan kita jual di internet.
3.      Google Trends Indonesia
Riset menggunakan google trends indonesia adalah untuk mengetahui trend permintaan produk yang kita jual dan mengetahui orang dari kota mana yang paling banyak mencari produk kita.

RISET dengan Google.Co.Id
Catatan : Jika ada sedikit perbedaan gambar atau bahasa dalam panduan ini, maka bersikaplah fleksibel dan sesuaikan dengan petunjuk yang ada di google. Hal ini terjadi karena setingan bahasa yang berbeda ataupun pembaharuan dari google. Tugas untuk anda : Temukan & Tulis minimal 20 Kata Kunci yang terkait dengan produk yang anda jual Agar hasil RISET yang anda lakukan valid, maka bersihkan riwayat/histori yang ada dengan cara berikut :
Buka www.google.co.id , maka akan muncul tampilan sebagai berikut


Kemudian klik gambar buku bertumpuk yang ditunjukkan oleh tanda panah, dan akan muncul gambar tampilan berikut



Pada gambar diatas klik menu History kemudian pilih sub menu Clear Recent History seperti gambar dibawah ini


Setelah itu akan muncul kota dialog berikut


Pastikan kata dalam kotak merah bertuliskan Everything kemudian klik Clear Now. Maka semua history pencarian telah dibersihkan dari google. Untuk memudahkan pencarian kata kunci, maka rubah baris pencarian menjadi 10 baris dengan cara berikut : ketikkan kata kunci produk yang anda jual, sebagai contok ketik “Baju Muslim Anak” maka akan muncul tampilan berikut :


Dari gambar diatas terlihat hasil pencarian yang keluar terdiri dari 4 baris. Untuk merubahnya menjadi 10 baris, maka tekan tombol ENTER pada keybord dan akan muncul tampilan berikut :


Kemudian tekan gambar seperti gear yang ditunjuk oleh anak panah diatas dan klik kata setelan penelusuran maka akan muncul gambar berikut :


Pilih lingkaran dengan tulisan “Jangan Pernah Tampilkan Hasil Instan” dan klik SAVE.
Kini hasil pencarian sudah ditampilkan menjadi 10 baris seperti pada gambar dibawah ini :


Cara RISET dengan Google.Co.Id
Ketikkan “Keyword / Kata Kunci” produk yang akan anda jual di internet. Sebaiknya kata kunci yang diketikkan minimal terdiri dari 2 kata atau lebih. Sebagai contoh kita ketikkan kata kunci “Baju Muslim Anak” kemudian spasi, maka akan tampil sebagai berikut :


Dari pencarian diatas terlihat bahwa kata “Baju Muslim Anak” muncul sebanyak 10 baris diikuti oleh kata tambahan yang lain.
Hal ini menunjukkan bahwa “Baju Muslim Anak” banyak dicari di google, karena untuk dapat muncul di turunan kata kunci diatas diperlukan sedikitnya 1000 kali pencarian. Setelah muncul turunan kata kunci diatas, kemudian catat Kata Kunci yang terkait dengan produk yang anda jual (Bisa terdiri dari semua kata kunci turunan yang muncul atau hanya beberapa saja yang terkait dengan produk anda). Untuk mendapatkan 20 Kata kunci yang saya tugaskan, anda bisa menambahkan kata pada pencarian dengan kata yang muncul. Seperti contoh diatas, anda bisa menambahkan kata “perempuan”, “terbaru”, “murah” dan seterusnya diakhiri dengan spasi (Pilih HANYA kata kunci yang sesuai dengan produk yang anda jual).
CATATAN PENTING :
~ Tidak perlu tekan “ENTER”, cukup dengan SPASI maka kata kunci turunan akan muncul. ~ Jika kata kunci turunan PERTAMA yang muncul kurang dari 5 baris, itu menunjukkan bahwa produk yang anda jual tidak banyak dicari di Internet. Seperti pada contoh “Kaos Kaki Haji” berikut yang hanya muncul 2 baris kata kunci turunan.


~ Pilih kata kunci yang SPESIFIK atas produk anda karena semakin spesifik maka akan semakin TerSEGMEN. ~ Kata kunci minimal terdiri dari 2 suku kata, tanpa batas maksimal selama masih ada hasil turunannya meskipun Cuma 1 baris. ~ Cari PADANAN / Kata Lain dari produk anda dalam menentukan kata kunci, misalnya : Keripik Singkong / Kripik Singkong / Ceriping Singkong / Criping Singkong / Kerupuk Singkong, dll

Ya begitu deh cara riset kata kunci untuk online shop anda semoga di tutorial kali ini anda bisa memaksimalkan online shop anda dan semoga Online Shop anda Kebanjiran Omset. 
Riset Dengan Google.Co.Id Riset Dengan Google.Co.Id Reviewed by Bagi Ilmu Blogger on 5:47:00 PM Rating: 5

No comments

Fashion