RISET dengan Google Tends Indonesia (GTI)

RISET dengan Google Tends Indonesia (GTI)
Tujuan RISET dengan Google Trends adalah untuk mengetahui Trend permintaan yang terjadi pada produk yang anda jual dan untuk mengetahui Kota yang paling banyak peminatnya atas produk yang anda jual. Tugas Untuk Anda : ~ Kumpulkan informasi Event-event tertentu saat trend permintaan produk anda meningkat ~ Catat Kota – kota yang ditampilkan oleh google trends ~ Catat kata kunci yang sedang naik daun yang ditampilkan google trends Untuk memulai RISET dengan GTI ini, anda Harus sudah log out / keluar dari akun google anda. Hal ini agar hasil riset yang anda lakukan VALID. Langkah-langkah Riset GTI adalah sebagai berikut :

Buka Browser ww.google.id/trends, maka akan tampak tampilan seperti berikut :


Kemudian ketikkan kata kunci / keyword utama produk anda pada kota pencarian yang bertuliskan “Search Google Trends” yang ditunjukan oleh tanda panah diatas.
Pada contoh ini saya juga menggunakan kata kunci “Baju Muslim Anak”. Setelah itu di tekan tombol ENTER, maka akan muncul tampilan berikut :


Kemudian ubah pencarian “Seluruh Dunia” menjadi “Indonesia” yang ditunjukkan pada anak panah diatas. Hal ini untuk riset khusus untuk negara Indonesia, namun jika anda ingin riset Luar negri maka ubah sesuai dengan negara yang ingin anda riset. Kemudian ubah pencarian “2004 – sekarang” menjadi “ 12 Bulan Terakhir” hal ini untuk mengetahui trend permintaan 12 bulan terakhir. Anda juga bisa mengetahui trend 90 hari terakhir, 30 hari terakhir bahkan 7 hari terakhir sesuaikan dengan kebutuhan riset anda. Setelah itu ketikkan kata kunci pembanding kata kunci utama anda pada kolom “tambahkan istilah”. Kata kunci pembanding ini bisa berupa sinonim dari kata kunci utama anda, seperti pada contoh berikut saya mengetikkan kata kunci “Gamis Anak” dan “ Busana Muslim Anak” sebagai pembanding kata kunci “Baju Muslim Anak” Catatan : Ketikkan minimal 2 kata kunci pembanding kata kunci utama anda.


Dari hasil riset diatas dapat dilihat bahwa trend permintaan baju muslim anak lebih banyak dibandingkan gamis anak dan busana muslim anak. Trend permintaan menunjukkan bahwa pada bulan Juli 2014 terjadi peningkatan yang cukup tajam, hal ini terjadi karena pada bulan tersebut bulan Ramadhan. Dengan melihat trend diatas dapat diambil kesimpulan bahwa menjelang bulan Ramadhan permintaan baju muslim anak, gamis anak dan pakaian muslim anak mengalami peningkatan sehingga bisa dipersiapkan stock tambahan dan program promosinya. Pada tabel dibawahnya terlihat Informasi. Minat Kawasan yang menunjukkan kota yang paling banyak mencari produk anda. Tabel terlihat seperti gambar berikut :


Pada tabel diatas diketahui bahwa kota Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bandar Lampung, Palembang, Semarang dan Medan merupakan kota yang paling banyak mencari baju muslim anak di google. Berdasarkan informasi ini anda bisa lebih fokus berpromosi pada kota – kota tersebut meskipun tidak menutup kemungkinan kota yang lain juga ada permintaan akan produk yang anda jual. Dengan fokus pada kota tersebut, maka Online Shop anda akan terTarget. Kita lihat lagi hasil dibawahnya akan kita dapatkan kata kunci / keyword yang sedang naik daun seperti gambar berikut :


Dari tabel diatas terlihat bahwa keyword “baju muslim 2014” naik tajam dan diikuti oleh baju muslim couple, foto baju muslim, baju muslim remaja, baju pesta anak, baju gamis dan baju muslim pesta. Keyword tambahan inilah yang perlu dicatat sebagai tambahan kata kunci yang telah anda dapatkan sebelumnya.
Catatan Penting :
Dengan melakukan RISET GTI ini dengan benar maka Online Shop anda akan menjadi terTarget yang pada akhirnya akan meningkatkan potensi penjualan anda. Lakukanlah dengan beberapa kata kunci yang anda miliki sebelumnya untuk mendapatkan informasi pembandin tambahan.



RISET dengan Google Tends Indonesia (GTI) RISET dengan Google Tends Indonesia (GTI) Reviewed by Bagi Ilmu Blogger on 5:39:00 PM Rating: 5

No comments

Fashion